MENGGAMBAR BATIK SEDERHANA DENGAN APLIKASI GEOGEBRA

“ Menggambar Batik Sederhana dengan Menggunakan Aplikasi Geogebra ”
Robert Parulian, S.Si
Pada umumnya siswa menggambar batik menggunakan kertas gambar pada pelajaran seni lukis/seni rupa. Ada salah satu aplikasi yang bisa digunakan siswa untuk menggambar batik tapi tentunya yang masih sederhana untuk mendesainnya. Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut tentu siswa harus mempelajari materi matematika karena aplikasi geogebra sangat berkaitan erat dengan konsep matematika. Menggambar batik dengan aplikasi geogebra berkaitan dengan materi matematika yaitu materi transformasi geometri. Pada materi transformasi geometri ada empat sub bab yang terdiri dari translasi ( pergeseran ), refleksi ( pencerminan ), rotasi ( perputaran ), dan dilatasi ( perkalian ). Untuk menggambar batik sederhana sendiri di aplikasi geometri akan mengunakan refleksi ( pencerminan ).
Refleksi ( percerminan ) terdiri dari beberapa konsep, yaitu :
- Refleksi terhadap sumbu
- Refleksi terhadap sumbu
- Refleksi terhadap titik pusat koordinat
- Refleksi terhadap garis
- Refleksi terhadap garis
- Refleksi terhadap garis
- Refleksi terhadap garis
Semua konsep dari refleksi akan digunakan untuk menggambar batik sederhana dengan bantuan alplikasi geogebra.
Rumusan yang akan dipakai di geogebra adalah :
- Reflect((object),(point))
- Reflect((object),(line))
- Reflect((object),(plane))
- Reflect((object),(circle))
Berdasarkan rumusan geometri di atas yang paling sering digunakan di aplikasi geogebra adalah Reflect((object),(point)) dan Reflect((object),(line)). Berikut adalah contoh dari hasil pekerjaan siswa yang menggunakan aplikasi geogebra untuk menggambar batik yang sederhana
Materi tansformasi yang diterapkan dengan aplikasi geogebra membuat siswa dapat meningkatkan daya nalar, analisis, kreatifitas, dan keterampilannya dalam pembelajaran matematika. Respon yang diberikan oleh siswa jika pembelajaran diterapkan dengan perangkat teknologi adalah siswa sangat senang dan termotivasi untuk belajar matematika karena mereka dapat menghasilkan sesuatu dalam pelajaran matematika.
Walaupun siswa diperkenalkan dengan aplikasi tersebut tetap siswa harus dapat memahami cara menentukan banyangan dari suatu titik atau kurva secara manual agar tujuan utama dari pembelajarannya tidak hilang.
Share This Post To :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )
- PENGGUNAAN GEOGEBRA PADA SPLTV
- Pendidikan Sebagai Investasi Jangka Panjang
- Apa Itu Pemanasan Global
- Keuntungan dan Manfaat menggunakan e-Learning bagi Guru dan Siswa
Kembali ke Atas