PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )

ABSTRAK
“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Ignatius Slamet Riyadi Karawang” pada Pokok Bahasan Jumlah dan Selisih Sinus dan Cosinus Melalui Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning ”
Robert Parulian, S.Si
Kesuksesan dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat yang diharapakn dalam melaksanakan pendidikan di suatu sekolah. Langkah guru dalam menetapkan metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan belajar siswa, sehingga peningkatan hasil belajar siswa dapat tercapai. Proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan trigonometri khususnya sub pokok bahasan jumlah dan selisih sinus dan cosinus di SMA Ignatius Slamet Riyadi Karawang belum memperoleh hasil yang memuaskan untuk tahun pelajaran 2021-2022 yang dilakukan secara daring ( online ). Hal tersebut perlu ditingkatkan melalui implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning yang akan diterapakan selama proses pembelajaran.
Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes formatif, lembar observasi aktivitas siswa selama diskusi kelompok serta angket refleksi terhadap pembelajaran. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilannya ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu apabila sekurang-kurangnya 75% hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Ignatius Slamet Riyadi Tahun Pelajaran 2022-2023 pokok bahasan Trigonometri sudah mencapai KKM 75.
Pada siklus 1 rata-rata kelas mencapai 46,73, siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa ( 36,36%) dan yang tidak tuntas sebanyak 7 anak (63,63%) dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 10. Pada siklus 1 untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh belum mencapai indikator yang ditetapkan. Pada siklus 2 rata-rata kelasnya mencapai 75,73, siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (81,82%) dan yang tidak tuntas sebanyak 2 anak (18,18 %) dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 18. Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh sudah dapat mencapai KKM yang telah ditetapkan..
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Ignatius Slamet Riyadi dengan pokok sub bahasan jumlah dan selisih sinus dan cosinus. Hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran discovery learning pokok bahasan trigonometri berikutnya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Share This Post To :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
- MENGGAMBAR BATIK SEDERHANA DENGAN APLIKASI GEOGEBRA
- PENGGUNAAN GEOGEBRA PADA SPLTV
- Pendidikan Sebagai Investasi Jangka Panjang
- Apa Itu Pemanasan Global
- Keuntungan dan Manfaat menggunakan e-Learning bagi Guru dan Siswa
Kembali ke Atas