• Gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SMA IGNATIUS SLAMET RIYADI. Telah dibuka penerimaan siswa baru 2022-2023 (GEL 1. Agustus - Oktober, GEL 2. November - Desember, GEL 3. Januari - juni). informasi lebih lanjut silahkan hubungi nomor kontak, Info Kontak TK. 0267-8604101, SD. 0267-601145, SMP. 0267-600234, SMA 0267-8604065. .. Terima Kasih Atas Kunjungannya.... Segenap Keluarga Besar SMA Slamet Riyadi mengucapkan Selamat HUT RI yang ke 76

Pencarian

Kontak Kami


SMA IGNATIUS SLAMET RIYADI

NPSN : 20252842

Jl.Pandawa No.5 Perum Resinda. Telp.0267-8604065 Karawang 41361


smaisr-karawang@gmail.com, info@smaslametriyadi-karawang.sch.id

TLP : 02678604065


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai Sekolah Dengan Sistem SKS?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 334544
Pengunjung : 125598
Hari ini : 64
Hits hari ini : 173
Member Online : 0
IP : 3.237.29.69
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )




ABSTRAK

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Ignatius Slamet Riyadi Karawang” pada Pokok Bahasan Jumlah dan Selisih Sinus dan Cosinus Melalui Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning ”

 Robert Parulian, S.Si

Kesuksesan dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat yang diharapakn dalam melaksanakan pendidikan di suatu sekolah. Langkah guru dalam menetapkan metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan materi pelajaran di kelas merupakan salah satu penentu keberhasilan belajar siswa, sehingga peningkatan hasil belajar siswa dapat tercapai. Proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan trigonometri khususnya sub pokok bahasan jumlah dan selisih sinus dan cosinus di SMA Ignatius Slamet Riyadi Karawang belum memperoleh hasil yang memuaskan untuk tahun pelajaran 2021-2022 yang dilakukan secara daring ( online ). Hal tersebut perlu ditingkatkan melalui implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning yang akan diterapakan selama proses pembelajaran.

Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes formatif, lembar observasi aktivitas siswa selama diskusi kelompok serta angket refleksi terhadap pembelajaran. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilannya ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa, yaitu apabila sekurang-kurangnya 75% hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Ignatius Slamet Riyadi Tahun Pelajaran 2022-2023 pokok bahasan Trigonometri sudah mencapai KKM 75.

Pada siklus 1 rata-rata kelas mencapai 46,73, siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa ( 36,36%) dan yang tidak tuntas sebanyak 7 anak (63,63%) dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 10. Pada siklus 1 untuk nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh belum mencapai indikator yang ditetapkan. Pada siklus 2 rata-rata kelasnya mencapai 75,73, siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa (81,82%) dan yang tidak tuntas sebanyak 2 anak (18,18 %) dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 18. Pada siklus 2 hasil belajar yang diperoleh sudah dapat mencapai KKM yang telah ditetapkan..

Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Ignatius Slamet Riyadi dengan  pokok sub bahasan jumlah dan selisih sinus dan cosinus. Hasil penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran discovery learning pokok bahasan trigonometri  berikutnya untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

 

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas